Kamis, 26 November 2009

-=[Sang Modifikator]=-

Gue adalah remaja salah satu perguruan tinggi negeri Semarang,rutinitas setiap hari gue hanya nongkrong bareng ma temen-temen dan ,menimba ilmu serta han out untuk sekedar merefresh otak agar tidak stres dalam menjadi kehidupan akademis mahasiswa.Gue remaja yang proaktif dalam keikutsertaan organisaasi kampus,setiap harinya tak lupa gue bawa motor butut yang kata teman-teman ga Maching. Ah...Biarin,,dan rokok Djarum black menthol di saku kanan baju.Namun gue merasa bangga mempunyai motor tersebut.Kepuasan yang gue rasain adalah motor tersebut merupkan merupakan hasil kerja keras gue bekerja sekaligus menjadi seorang mahasiswa.Kemandirian berusaha gue tanamkan di otak.Segala kemampuan gue gunain untuk mendukung keakademisan kampus tercinta.Teman setia gue kali ini tuk mejalankan rutinitas adalah Jagoan motor gue,,,Hmm..

Jam dinding tlah mununjukan pukul 07.30 namun gue baru bangun dari tidur.Kemugkinan gue bakal terlambat masuk kuliah,padahal jalan kadang padat dan macet.Gas motor gue tancap habis-habisan agar tidak ketingglan mata kuliah dosen.Tiba-tiba di perempatan jalan motor gue mogok...Sial bener hari ni gue....."Uda jam menunjukan pukul 8.10.Bingung sambil mikir mau ngapain.Absen dech gue.."Akhirnya dengan berat hati gue minta tlong ma orang tuk menunjukan arah bengkel terdekat.Wuiih...Hari ni emang hari sial gue!!
Bengkel tersebut lumayan dikatakan komplit menyediakan berbagai peralatan motor seperti oli,bensin (bahan bakar) dan onderdil.Dalam hitungan jam akhirnya selesai.Gue tanya sama tehnisinya ternyata ada kerusakan pada mesin.Dalam mesin ada kerak di kepala silinder dari mesin motor yang di akibatkan oleh bensin oplosanoleh sebab itu mesin menurun performanya serta pembakaran menjadi tidak sempurna.Tak sengaja di bengkel gue liat spanduk even yang dilakukan oleh Djarum Black Motodify yaitu Black Motor Comunity (BMC),even ini mengajak para pecinta motor hitam dalam memodifikasi motor mereka agar terlihat keren.
Terlintas di otak untuk mendalami tentang seluk beluk motor,akhirnya dengan tekad dan niat.Si Butut gue modifikasi,tak lupa gue melakukan perubahan-perubahan seperti:
1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi
2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukan bahan bakar menjadi lancar dan baik
3. Merubah durasi,Lift noken as
4. Mengubah pengapian
5. Mengubah rasio dengan close Rasio
6. Setting karbulator
Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio=CR) merupkan cara awal yang ditempuh untuk menngkatakan power mesin,namun untuk meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikan diantaranya : Bahan bakar yang digunakan dan kwalitas piston yang digunakan.Kemudian gue menaikan kompresi dengan cara mengganti piston dengan model racing,mendekatkan deck clearance,membubut head,mengelas Head,membubut Blok dan Piston.Lelah dan letih gue kerjain sendiri,walapun sedikit memakan waktu.Akhirnya si butut menjadi si black keren dan gue tertarik untuk mengikuti organisasi Black Motor Community (BMC) yang di sponsori oleh PT Djarum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar