Kamis, 02 Juli 2009

-=[Laser Penghasil Suara]=-

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah sebuah alat yang menggunakan teknologi mekanika, untuk menghasilkan sebuah cahaya yang bisa dikontrol kemurnian, ukuran, dan bentuknya. Teori mengenai laser ditemukan oleh Albert Einstein (1917), tetapi baru direalisasikan pada tahun 1960. Dalam perkembangannya, laser tidak hanya digunakan untuk pencahayaan, tetapi juga dimanfaatkan untuk bidang kedokteran hingga industri.

Selama ini kita mengenal laser yang dapat dimanfaatkan untuk pencahayaan dan persenjataan. Tetapi sekarang ada juga laser yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan suara. Para peneliti menamakannya sebagai Saser.

Saser mampu memproduksi berbagai gelombang suara yang dapat dimanfaatkan untuk pengoperasian komputer, bahkan mendeteksi ada dan tidak senjata berbahaya. ‘’Setelah 50 tahun penemuan laser, kami ingin mengembangkannya menjadi sebuah teknologi yang potensial,’’ kata Profesor Anthony Kent dari Universitas Nottingham, Inggris.

Saser menggunakan gelombang suara dari getaran yang disebut phonon. Saat distimulasi dengan sumber listrik, phonon akan mengeluarkan suara berkekuatan tinggi. Saser merupakan alat pertama di dunia yang mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi terahertz, serta gelombang suaranya bisa mencapai miliaran meter.

sumber + sponsored : http://www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar